Perangkat Komputer Warnet

Perangkat komputer warnet digunakan oleh pelanggan warnet untuk melakukan kegiatan browsing, chatting, dan kegiatan internet lainnya. Kebutuhan spesifikasi komputer untuk warnet merupakan spesifikasi komputer standar, yaitu cukup untuk melakukan berbagai kegiatan berinternet. Berikut ini adalah spesifikasi standar untuk perangkat komputer warnet :

Monitor, pilihan monitor LCD akan menghemat penggunaan listrik dan tidak menghasilkan panas tetapi harganya relatif lebih mahal. Untuk menyiasatinya, monitor CRT bisa menjadi pilihan karena harganya lebih murah tetapi mengkonsumsi daya listrik lebih besar.

Motherboard, akan lebih baik jika anda menggunakan motherboard dengan LAN Card on board, sehingga anda tidak perlu lagi membeli LAN Card.

Prosesor, untuk kebutuhan warnet prosesor yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Untuk ukuran Pentium IV dengan kecepatan 1,6 GHZ sudah lebih cukup. Prosesor dengan merek intel menjadi pilihan, namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan prosesor AMD.

RAM, dengan RAM sebesar 512 Mb sudah cukup untuk melayani kebutuhan browsing dan chatting. bahkan banyak warnet di berbagai kota besar membuka software image editor sekelas adobe menggunakan RAM 1024 Mb.

NIC, pada saat ini motherboard yang dijual di pasaran sudah banyak menyertakan NIC pada motherboard. Namun untuk motherboard keluaran beberapa tahun lalu, NIC tersebut harus dipasang terpisah menggunakan slot PCI.

CD-ROM, pada kebanyakan warnet fasilitas CD-ROM dihilangkan. Penggunaan CD-ROM hanya digunakan pada saat melakukan instalasi sistem operasi sehingga untuk CD-ROM sendiri pada bisnis warnet adalah optional. Sebagai gantinya, port USB pada CPU harus terpasang. Selain lebih praktis, penggunaan flashdisk sebagai media simpan sudah umum digunakan masyarakat.

Hard disk, dengan kapasitas ruang simpan sebesar 40 - 80 GB cukup untuk menyimpan berbagai macam software dan file hasil download.

Mouse & keyboard, ada baiknya anda menggunakan mouse optical karena relatif lebih awet dan selain itu perlu anda tambahkan mouse pad untuk kenyamanan pengguna. Tidak terlalu banyak pilihan untuk keyboard, jadi lakukan uji coba seluruh tombol keyboard barangkali ada kerusakan.

Untuk urusan suara, warnet lebih mengutamakan privasi dan kenyamanan, ada baiknya menggunakan headset. Selain lebih murah, privasi dan kenyamanan pengguna lain tidak akan terganggu dengan kebisingan suara. Perangkat sound system hanya terpasang pada meja billing dengan menggunakan speaker aktif.

Untuk layanan lain misalnya penggunaan web cam dan card reader dapat ditambahkan namun penggunaannya memegang prinsip "service on demand". Jadi, webcam dan card reader digunakan pada saat pelanggan meminta layanan tersebut. Terlepas dari itu peralatan tersebut akan disimpan oleh operator.

Perangkat komputer tidak harus baru, anda dapat membeli komputer bekas dengan syarat kualitasnya masih baik. Keuntungan menggunakan komputer bekas yaitu biaya yang dikeluarkan untuk investasi perangkat komputer lebih kecil karena tentu saja harga komputer bekas lebih murah. Yang lebih menarik adalah jika anda membeli komputer bekas dengan status pre-installed windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar