Marketing Mix Warnet dan Game Center

Prinsip dasar marketing atau pemasaran adalah menganalisis kebutuhan konsumen yang dapat dijadikan sebuah kepuasan yang bisa memuaskan konsumen lebih dari layanan pesaing. Tujuan akhirnya terjadi transaksi penjualan yang baik.

Dalam pengelolaan warnet dan game center, dibutuhkan keseriusan serta memiliki kiat-kiat manajemen yang kuat agar usaha dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal. Oleh karena itu, dibutuhkan konsep bauran pemasaran atau biasa disebut 4P atau marketing mix. Marketing mix sendiri merupakan salah satu strategi pemasaran, sedangkan yang dimaksud 4P adalah:

  1. Product
  2. Price
  3. Place
  4. Promotion

Setiap pengusaha warnet harus mampu mengelola secara optimal unsur-­unsur dalam 4P tersebut.

PRODUCT

Produk utama yang dijual pada bisnis warnet dan game center adalah layanan sewa komputer dengan koneksi internet. Bisa dikatakan bahwa produk utama yang dijual adalah koneksi internet. Dalam memasarkan koneksi internet Anda dituntut untuk memberikan kesan yang berbeda dari saingan yang memiliki produk yang sama. Anda dituntun sekreatif mungkin untuk konsumen dapat memilih produk yang Anda jual.

Pada intinya apa yang berbeda dan produk kita dibanding dengan warnet lain. Jika Anda tidak melakukan variasi produk, maka tidak akan ada perbedaan keunggulan. Untuk melakukan variasi produk Anda dapat melakukan analisis kebutuhan pelanggan, kemudian pasar yang belum tergarap dengan harapan usaha Anda dapat masuk dalam pasar tersebut.

PRICE

Jika produk sudah dimiliki, langkah selanjutnya adalah mengelola harga jual. Dalam mengelola harga jual setiap pengusaha warnet dan game center memiliki karakteristik tersendiri. Namun rata- rata  pentarifan warnet dan game center masih statis tidak berubah-ubah. Sebenarnya harga adalah variabel yang dapat Anda kelola.

Ada banyak kemungkinan untuk memainkan harga, namun tentu saja harus dengan perhitungan yang hati-hati. Jangan sampai Anda salah perhitungan menentukan harga, akibatnya Anda bisa-bisa merugi. Bervariasilah dengan harga yang Anda tawarkan, misalnya tarif khusus untuk member dan pelajar. Selanjutnya, harga khusus untuk pelanggan yang bermain sekian jam atau diskon bagi mereka yang datang dengan berkelompok.

Harga khusus juga dapat Anda tempatkan pada jam sepi, maksudnya ketika tengah malam atau pagi hari sangat sedikit warnet atau game center yang terisi oleh pengunjung. Waktu tersebut dapat Anda gunakan untuk memainkan harga, demikian pula saat sedang ramai.

PLACE

Seperti pembahasan diawal, bagi calon pengusaha warnet dan game center, pemilihan lokasi sangat menentukan usaha. Namun bagi warnet dan game center yang sudah berjalan maka lokasi sudah tidak dapat diubah lagi. Yang perlu diutamakan dari lokasi adalah kenyamanan pengunjung.

Sebuah warnet dan game center tidak perlu mewah, namun untuk menjadi nyaman perlu kebersihan dan kerapian. Misalnya dengan membersihkan area client dengan rutin. Kebersihan keyboard dan mouse serta kebersihan layar monitor harus Anda perhatikan. Mungkin sesekali Anda sebagai pemilik warnet dan game center juga dapat menggunakan komputer client, cobalah menjadi pelanggan dan amati apakah usaha Anda tersebut sudah memberikan kepuasan bagi pelanggan.

PROMOTION

Marketing mix yang terakhir setelah 3P di atas adalah promotion. Promotion biasa disebut promosi yaitu kegiatan pengenalan produk atau lokasi usaha kepada konsumen. Hal ini penting dilakukan karena bagaimana bisa warnet dan game center Anda dikenal oleh pelanggan tanpa dipromosikan tertebih dahulu.

Jangan pesimis jika banyak warnet dan game center yang memprokla­mirkan tempat mereka yang paling cepat. Namun dengan keunggutan yang dimiliki, Anda dapat bertahan dan unggul di dunia warnet dan game center. Dalam persaingan warnet yang ketat, sebuah kelebihan kecil bisa memberikan kita keunggulan dalam bersaing.

Jadikan Product, Price, dan Place sebagai dasar promosi. Jika koneksi Internet yang Anda gunakan termasuk istimewa, jadikan sebagai sebuah kejutan bagi petanggan Anda.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima Kasih Atas Masukanya gan...:D
May Be Useful

Posting Komentar