Prinsip dasar marketing atau pemasaran adalah
menganalisis kebutuhan konsumen yang dapat dijadikan sebuah kepuasan yang bisa
memuaskan konsumen lebih dari layanan pesaing. Tujuan akhirnya terjadi
transaksi penjualan yang baik.
Dalam pengelolaan warnet dan game center,
dibutuhkan keseriusan serta memiliki kiat-kiat manajemen yang kuat agar usaha
dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal. Oleh karena itu,
dibutuhkan konsep bauran pemasaran atau biasa disebut 4P atau marketing mix.
Marketing mix sendiri merupakan salah satu strategi pemasaran, sedangkan yang
dimaksud 4P adalah:
- Product
- Price
- Place
- Promotion
Setiap pengusaha warnet harus mampu mengelola
secara optimal unsur-unsur dalam 4P tersebut.
PRODUCT
Produk utama yang dijual pada bisnis warnet dan
game center adalah layanan sewa komputer dengan koneksi internet. Bisa
dikatakan bahwa produk utama yang dijual adalah koneksi internet. Dalam
memasarkan koneksi internet Anda dituntut untuk memberikan kesan yang berbeda
dari saingan yang memiliki produk yang sama. Anda dituntun sekreatif mungkin
untuk konsumen dapat memilih produk yang Anda jual.
Pada intinya apa yang berbeda dan produk kita
dibanding dengan warnet lain. Jika Anda tidak melakukan variasi produk, maka
tidak akan ada perbedaan keunggulan. Untuk melakukan variasi produk Anda dapat
melakukan analisis kebutuhan pelanggan, kemudian pasar yang belum tergarap
dengan harapan usaha Anda dapat masuk dalam pasar tersebut.
PRICE
Jika produk sudah dimiliki, langkah selanjutnya
adalah mengelola harga jual. Dalam mengelola harga jual setiap pengusaha warnet
dan game center memiliki karakteristik tersendiri. Namun rata- rata pentarifan warnet dan game center masih statis
tidak berubah-ubah. Sebenarnya harga adalah variabel yang dapat Anda kelola.
Ada banyak kemungkinan untuk memainkan harga,
namun tentu saja harus dengan perhitungan yang hati-hati. Jangan sampai Anda salah
perhitungan menentukan harga, akibatnya Anda bisa-bisa merugi. Bervariasilah
dengan harga yang Anda tawarkan, misalnya tarif khusus untuk member dan
pelajar. Selanjutnya, harga khusus untuk pelanggan yang bermain sekian jam atau
diskon bagi mereka yang datang dengan berkelompok.
Harga khusus juga dapat Anda tempatkan pada jam
sepi, maksudnya ketika tengah malam atau pagi hari sangat sedikit warnet atau
game center yang terisi oleh pengunjung. Waktu tersebut dapat Anda gunakan
untuk memainkan harga, demikian pula saat sedang ramai.
PLACE
Seperti pembahasan diawal, bagi calon pengusaha
warnet dan game center, pemilihan lokasi sangat menentukan usaha. Namun bagi
warnet dan game center yang sudah berjalan maka lokasi sudah tidak dapat diubah
lagi. Yang perlu diutamakan dari lokasi adalah kenyamanan pengunjung.
Sebuah warnet dan game center tidak perlu
mewah, namun untuk menjadi nyaman perlu kebersihan dan kerapian. Misalnya
dengan membersihkan area client dengan rutin. Kebersihan keyboard dan mouse
serta kebersihan layar monitor harus Anda perhatikan. Mungkin sesekali Anda
sebagai pemilik warnet dan game center juga dapat menggunakan komputer client,
cobalah menjadi pelanggan dan amati apakah usaha Anda tersebut sudah memberikan
kepuasan bagi pelanggan.
PROMOTION
Marketing mix yang terakhir setelah 3P di atas
adalah promotion. Promotion biasa disebut promosi yaitu kegiatan pengenalan
produk atau lokasi usaha kepada konsumen. Hal ini penting dilakukan karena
bagaimana bisa warnet dan game center Anda dikenal oleh pelanggan tanpa
dipromosikan tertebih dahulu.
Jangan pesimis jika banyak warnet dan game
center yang memproklamirkan tempat mereka yang paling cepat. Namun dengan
keunggutan yang dimiliki, Anda dapat bertahan dan unggul di dunia warnet dan
game center. Dalam persaingan warnet yang ketat, sebuah kelebihan kecil bisa
memberikan kita keunggulan dalam bersaing.
Jadikan
Product, Price, dan Place sebagai dasar promosi. Jika koneksi Internet yang
Anda gunakan termasuk istimewa, jadikan sebagai sebuah kejutan bagi petanggan
Anda.
1 komentar:
Terima Kasih Atas Masukanya gan...:D
May Be Useful
Posting Komentar