Menghitung Tarif Biaya Warnet dan Game Center

Yang menjadi pertanyaan adalah seberapa besar harga yang ditetapkan untuk warnet dan game center. Tarif yang ditetapkan untuk warnet bervariasi, tergantung pada tingkat layanan. Tarif untuk warnet berkisar antara Rp.1.500,00 hingga Rp.7.000,00 setiap jamnya. Sedangkan untuk game center berada pada kisaran harga antara Rp.1.500,00 hingga Rp.5.000,00 setiap jamnya. Namun ada perhitungan sederhana yang bisa digunakan untuk mencari tahu berapa harga minimal untuk usaha Anda.

Setelah investasi disusun, kemudian biaya operasional juga telah di perkirakan, yang terakhir adalah menentukan tarif minimum. Tarif minimum di sini berarti batas di mana harga tersebut belum memiliki keuntungan. Dengan perhitungan yang tepat kita dapat mengetahui tarif yang tepat. Untuk menghitung tarif minimal, contohnya seperti tabel dibawah ini.
 Untuk hari operasional adatah perkiraan rata-rata hari beroperasi dalam 1 bulan, sedangkan untuk jam efisiensi adatah total waktu estimasi yang menunjukkan jumlah jam di mana pengguna PC mencapai 100%. Biasanya efisiensi warnet dan game center berkisar antara 7 hingga 10 jam.

Untuk perhitungan harga nominal dapat dihitung dengan rumus berikut:
Jika margin yang ingin diperoleh adalah 20%, maka harga juanya adalah Rp.2.979,00/jam, apabila dibulatkan menjadi sebesar Rp.3.000,00/jam. Nilai tersebut tidak mutlak Anda kenakan terhadap tarif sewa. Setiap pemilik usaha pastinya memiliki tips dan trik tersendiri untuk dapat mengembangkan usaha atau paling tidak bertahan pada usaha tersebut.

Dengan demikian, tarif minimum di atas hanya sebagai patokan untuk menentukan harga jual terendah setiap jamnya.

Masukkan nilai variabel sesuai dengan kondisi warnet Anda. Untuk penetrasi bisnis sesekali lakukan diskon atau happy hour untuk meningkatkan petanggan. Namun harus diingat jangan sampai lebih keol daripada harga minimum yang tetah ditetapkan pada perhitungan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar