Penomoran Alamat IP dan Sistem Tarif Billing Warnet

Pembahasan konfigurasi billing sengaja dibuat dengan menampilkan studi kasus. Pembahasan dengan menggunakan studi kasus ditujukan untuk memberi gambaran yang jelas dalam membangun konfigurasi billing warnet dan game center dengan benar.

Skenario studi kasus pada pembahasan kali ini adalah sebuah warnet dengan perangkat komputer berupa 10 komputer client untuk warnet, sejumlah 10 komputer untuk game, 1 komputer billing, dan 1 komputer server. Penamaan dan penomoran alamat IP sudah ditentukan sebelum­nya. Untuk memudahkan pemahaman penamaan dan penomoran alamat IP, dapat Anda lihat seperti yang tertera pada tabel berikut.
Setelah melakukan penamaan komputer dan penomoran alamat IP, informasi selanjutnya adalah sitem tarif dan paket yang dikenakan pada pelanggan. Seorang operator harus tahu benar daftar tarif dan paket yang dikenakan pada pelanggan.
Informasi selanjutnya adalah jadwal operator jaga. Operator jaga dibagi jadi 3 shift jaga. Shift siang antara pukul 8.00 hingga pukul 16.00, shift sore untuk pukul 16.00 hingga pukul 00.00 kemudian shift malam untuk pukul 00.00 pukul 8.00 pagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar